Hero

Panduan Pemula


Untuk pemula, silakan gabung dengan @SariKelapa (Saham Syariah Kelas Pemula).

Silakan gabung juga di  @grupsyariahsaham untuk grup telegram Saham Syariah dan Channel Syariah Saham di @SahamSyariah


Langkah Awal:

Daftar saham-saham syariah dan data penting lainnya
  1. List saham Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dari tahun 2011 s.d. periode terbaru 
  2. List saham Jakarta Islamic Index (JII) dari tahun 2004 s.d periode terbaru
  3. Link Unduhan Dividen Tunai Sejak Tahun 2001
  4. Link Unduhan Profil Emiten
  5. Link Unduhan Ringkasan Kinerja Emiten Dari A-Z 

Berikut ini beberapa artikel yang mungkin dapat membantu teman-teman pemula untuk memulai investasi di saham syariah:

  1. Perkembangan Terkini Pasar Modal Syariah di Indonesia
  2. Bagaimana Cara Menjadi Investor Saham
  3. Konsep Dasar Pasar Modal Syariah
  4. Dasar Hukum Pasar Modal Syariah
  5. Sejarah Pasar Modal Syariah di Indonesia
  6. Berkenalan dengan Produk Syariah di Pasar Modal
  7. Mengenal Saham Syariah
  8. Sembilan Hal Penting Tentang Saham Syariah
  9. Berkenalan dengan Online Trading Saham Syariah
  10. Transkrip Video 1: Apakah Investasi di Pasar Modal sesuai Prinsip Syariah?
  11. Transkrip Video 2: Apa itu Pasar Modal Syariah dan Mengapa Investasi Syariah?
  12. Transkrip Video 3: Milestones Pengembangan Pasar Modal Syariah di Indonesia
  13. Transkrip Video 4 Bagian 1: Efek Syariah di Pasar Modal Indonesia
  14. Transkrip Video 4 Bagian 2: Mengenal Sistem Online Trading Syariah
  15. Transkrip Video 4 Bagian 3: Tujuan Pengembangan Sistem Online Trading Syariah 
  16. #Yuk Nabung Saham! (1): Mengenal Program Yuk Nabung Saham!
  17. #Yuk Nabung Saham (2): Bagaimana Cara Memulai Nabung Saham? 
  18. Kumpulan presentasi tentang pasar modal syariah
Serial Belajar Investasi Bersama Lo Kheng Hong:
http://www.syariahsaham.com/2017/10/meet-lo-kheng-hong-series.html

Serial Belajar Investasi Bersama Eyang Ratman:
http://www.syariahsaham.com/search/label/CIBER

Belajar Saham bersama Bah Andirerei
Silakan klik http://www.syariahsaham.com/search/label/andirerei
A. INVESTASI
B. TRADING

Dasar Analisis Teknikal Bersama Etuz

 

26 Responses to " Panduan Pemula "

  1. Balasan
    1. Syukron jazilan mas Hasan... terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  2. aku masih bingung ... :( maklum pelajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. bingung itu tanda belajar. hehe. tetap semangat ya

      Hapus
  3. Bismillah, saya mau belajar investasi saham semoga lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, aamiin, aamiin, tetap semangat mas. semoga bermanfaat

      Hapus
  4. Mau memulai, tapi belum tau caranya, baru tau dan ajakan saja

    BalasHapus
  5. Ada kelas mentornya g ya, atau kelas belajar nya
    Dan kontaknya, maaf sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kak, silakan dipelajari mulai di www.sahamsyariah.id

      Hapus
  6. Bagaimana cara menghitung harga wajar suatu saham?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa dimulai dari menghitung nilai buku perusahaan tersebut. caranya dengan membagi total ekuitas dengan jumlah saham beredar. kemudian bandingkan dengan harga terkini perusahaan tersebut. jika masih di bawah 1, boleh dikatakan harga sahamnya masih murah. Misal harga saham ABCD 500/lembar, dan nilai bukunya 1000/lembar, maka rasio harga terhadap nilai buku (PBV) nya adalah 0,5 dan ini di bawah 1, berarti bisa dianggap murah. demikian

      Hapus
  7. Karena saya di tolak masuk kerja di perusahaan. Maka saya ingin memiliki perusahaan itu dgn cara saham. Apakah bisa pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja, jika perusahaan tersebut sudah tercatat di bursa efek atau dinyatakan sebagai perusahaan terbuka

      Hapus
  8. Adalah kelas mentor treading di saham syariah ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan gabung di bit.ly/telesysa ya mas, insyaAllah di sana kita bisa berdiskusi lebih intens

      Hapus
  9. Pengen banget nabung saham yg syar'i, mulainya dari mana ya. Tapi yg gak pake rugi.(nabung koq rugi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mulai dipelajari di panduan pemula yang ada di website ini

      Hapus
  10. Mulai dari berapa nominal untuk berinvestasi di saham syariah yaa,,,gak ngerti saya e,,atw dengan membeli saham perlembar,,,

    BalasHapus
  11. saya mau gabung saham syariah
    + bisa belajar tentang saham

    BalasHapus
  12. Mau daftar gimana caranya ,? Brapa deposit yg perlu di siapkan ?

    BalasHapus
  13. Saya pemula..saya berminat untuk ikut nabung saham..tapi bingung mau caranya gimana..supaya bisa ikut..tapi dengan modal yang tidak terlalu besar.. sekitar 100 ribu lah perbulannya..
    Tolong dong para master yang bisa membimbing saya masuk saham syariah

    BalasHapus
  14. ada kontak wa atau tele? mau diskusi atau grupnya?

    BalasHapus
  15. Mang amsi jangan lupa ya bukunya saya tunggu makasih

    BalasHapus
  16. Kalau mau gabung dan belajar di mana y

    BalasHapus
  17. Bagaimana cara mendaftar Saham Syariah

    BalasHapus