Hero

119 Saham Syariah Langganan ISSI

SyariahSaham.com, CIANJUR --  Bismillahirrahmanirrahim. Terima kasih sudah bergabung di room @GrupSyariahSaham, room pertama yang membahas tentang saham syariah Indonesia. Malam ini kita akan membahas tentang saham-saham syariah yang selalu masuk Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI ) sejak pertama kali dirilis.

Sebelum pembahasan lebih lanjut, saya ingin mengutip beberapa pengertian tentang saham syariah dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dari situs resmi BEI sebagai berikut:

Saham syariah merupakan efek berbentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di Pasar Modal. Definisi saham dalam konteks saham syariah merujuk kepada definisi saham pada umumnya yang diatur dalam undang-undang maupun peraturan OJK lainnya.

Ada dua jenis saham syariah yang diakui di pasar modal Indonesia. Pertama, saham yang dinyatakan memenuhi kriteria seleksi saham syariah berdasarkan peraturan OJK no. II.K.1 tentang penerbitan Daftar Efek Syariah, kedua adalah saham yang dicatatkan sebagai saham syariah oleh emiten atau perusahan publik syariah berdasarkan peraturan OJK no. 17/POJK.04/2015.

Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang diluncurkan pada tanggal 12 Mei 2011 adalah indeks komposit saham syariah yang tercatat di BEI. ISSI merupakan indikator dari kinerja pasar saham syariah Indonesia.

Konstituen ISSI adalah seluruh saham syariah yang tercatat di BEI dan masuk ke dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang diterbitkan oleh OJK. Artinya, BEI tidak melakukan seleksi saham syariah yang masuk ke dalam ISSI.

Konstituen ISSI diseleksi ulang sebanyak dua kali dalam setahun, setiap bulan Mei dan November, mengikuti jadwal review DES. Oleh sebab itu, setiap periode seleksi, selalu ada saham syariah yang keluar atau masuk menjadi konstituen ISSI.

Metode perhitungan ISSI mengikuti metode perhitungan indeks saham BEI lainnya, yaitu rata-rata tertimbang dari kapitalisasi pasar dengan menggunakan Desember 2007 sebagai tahun dasar perhitungan ISSI.

Pada kesempatan ini, kita akan mencoba menelusuri saham-saham apa saja yang SELALU MASUK perhitungan ISSI sejak awal dirilis. (Silakan baca juga: 134 Saham "Langganan" ISSI)

Langkah yang dilakukan adalah dengan mentabulasi daftar saham yang masuk ISSI sejak tahun 2011. Data yang dibutuhkan silakan diunduh melalui link berikut, https://www.syariahsaham.com/p/list-saham-issi.html.

Berikut ini contoh tabulasi saham-saham ISSI:



Selanjutnya kita pilih saham-saham yang TIDAK PERNAH keluar dari ISSI. Hasilnya sebagai berikut (diurutkan secara alfabetis):





Jika diurutkan berdasarkan kapitalisasi pasar, maka urutan 20 besarnya sebagai berikut:

Bagaimana dengan pertumbuhan harga sahamnya selama kurun waktu 2011-2019?

CAGR atau Compounded Annual Growth Rate dihitung dari harga terakhir hari ini (19/2) dibandingkan dengan harga penutupan tahun 2011. Ada saham-saham yang popular di kalangan investor atau trader dari list di atas?

Demikian pemaparan tentang 119 saham yang selalu masuk ISSI dari tahun 2011 sampai edisi terakhir Desember 2018. Semoga bermanfaat.

---
Silakan gabung di room telegram Grup Syariah Saham untuk melanjutkan diskusi tentang saham syariah Indonesia!

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " 119 Saham Syariah Langganan ISSI "

Posting Komentar