Hero

9 Grup Telegram Saham "Tertua" di Indonesia

Syariahsaham.com, CIANJUR -- Beberapa waktu lalu, SyariahSaham pernah membahas 15 Grup Saham Teraktif di Telegram

Pada tahun 2015, beberapa komunitas saham di Indonesia mulai menggunakan aplikasi yang dinilai ringan dan cepat dalam menyampaikan pesan ini.

Penulis mencatat beberapa grup telegram saham yang aktif dalam melakukan diskusi, edukasi maupun sekedar informasi sekitar saham dan seluk beluknya. 

Pada postingan kali ini, kita akan mereview beberapa komunitas telegram saham yang penulis nilai sebagai grup-grup aktif  "tertua" dengan anggota di atas 2.000 orang. Kriteria tertua di sini adalah sejak grup tersebut di-upgrade menjadi supergroup.

Grup yang digawangi Etuz dan Cremona Monoarfa sudah jadi supergroup sejak tanggal 23 Mei 2017. Per hari ini jumlah member room ini mencapai lebih dari 2.760-an.

Bagi para trader yang membutuhkan stockpick harian dari  om Yuzasha, room ini tempatnya. Room ini mulai tayang sebagai supergroup sejak 9 Februari 2017.


Koh Asun aka @black_lotus adalah seorang trader independen yang membidani lahirnya grup ini. Dengan mengandalkan tool hasil temuan koh Asun yang dikenal dengan istilah BBK, BBD dan GIFT, grup STC memiliki member sekitar 6.145 saat tulisan ini dibuat.

Grup ini juga terkenal dengan aturan yang ketat dalam hal keanggotaannya. Dengan ketegasan dan kesigapan para admin grup ini, beberapa postingan yang mengganggu kenyamanan grup bisa ditanggulangi dengan cepat. Room ini mulai diupgrade sebagai supergroup pada tanggal 18 September 2016.

SoFM pada mulanya dirintis oleh Mas Erick. Namun dalam perkembangannya, para admin yang meramaikan room ini antara lain om Wiro Hardy, Andre Zog, dr. Samuel Halim dan mas Baskoro. Saat ini room ini memiliki anggota sebanyak 2.387 orang. Room ini mulai menjadi supergroup sejak 27 Juli 2016.

Syariah Saham. Grup telegram dengan alamat @grupsyariahsaham ini merupakan media komunikasi para investor dan trader yang mengkhususkan diri dengan saham-saham JII dan atau ISSI. Grup ini juga sebagai grup resmi dari Syariahsaham.com, selain channel satu arah @sahamsyariah.

Ciri khas komunitas ini adalah TIDAK MEMBOLEHKAN anggotanya untuk memposting analisis, baik itu fundamental maupun teknikal, saham-saham yang belum atau tidak masuk konstituen ISSI.

Selain itu, grup ini juga terkenal restricted dalam hal membership terkait foto profil atau postingan yang dianggap melanggar aturan grup. Meski demikian, grup ini memiliki sekitar 6.400-an member per hari ini. Mulai diupgrade pada tanggal 5 Mei 2016.

Belvin VVIP adalah pendiri komunitas ini dan berbasis di kota Medan. Analisis fundamental dipadu dengan teknikal menjadi ciri khas komunitas ini. Ungkapan khas komunitas ini ketika bang Belvin membagi tautan dari website ilmusaham.com adalah "Saham ini berpotensi ... "

Per tanggal 20 November 2018, komunitas ini menjadi room terbesar di telegram dengan memiliki lebih 31.500-an member yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Mulai diupgrade sejak 9 April 2016.


Komunitas ini didirikan oleh mas Hermanto Sardan, investor yang memiliki analisis mendalam tentang fundamental suatu emiten, terutama yang terkait dengan pertambangan dan perkapalan. 

Pada gathering Syariahsaham.com yang perdana tahun 2016 kemarin, mas HS (demikian sapaan akrab mas Hermanto Sardan) kita undang sebagai salah satu pembicara perihal analisis fundamental. Mulai diupgrade sejak 6 April 2016 dan memiliki member lebih dari 5.900-an.

Sunar Susanto, trader asal Surabaya, mendirikan room Saham Profit sejak awal tahun 2016 dan mulai diupgrade ke supergroup pada tanggal 30 Maret 2016. Saat ini room ini memiliki member lebih dari 13.600-an. Saham-saham yang dibahas lebih dominan saham-saham bluechip.
Mungkin teman-teman tidak menyangka jika room "tertua" yang diupgrade menjadi supergroup adalah forum saham milik ci Linda Lee aka Fiboprincess. Menurut penelusuran SyariahSaham, room ini sudah menjadi supergroup sejak tanggal 2 Desember 2015. Saat ini, jumlah member room "tertua" ini mencapai lebih dari 3.200-an orang.

Bagaimana menurut teman-teman? Adakah room lain yang masuk kategori room tertua? Saya nantikan komentarnya ya. [amsi]


Untuk berlangganan, silakan masukkan email: