Hero

52 Emiten Syariah Pembagi Dividen Rutin Dalam Sepuluh Tahun Terakhir

oleh: Mang AMSI, founder SyariahSaham.com

Syariahsaham.comCIANJUR -- Beberapa waktu lalu, saya mengadakan jajak pendapat di channel @SahamSyariah dan room telegram @GrupSyariahSaham tentang emiten yang rajin membagi dividen. 

Melihat antusiasme member room dan channel tentang tema tersebut, pada postingan kali ini kita akan mencoba membahas emiten-emiten pembagi dividen secara rutin sejak tahun 2009.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengunduh file daftar dividen tunai dari link KSEI yang bisa diakses melalui tautan berikut ini: 

Link Unduhan Daftar Dividen Tunai 2001-2018.

Selanjutnya, daftar dividen tunai sejak tahun 2009 disortir berdasarkan kode dan nama emiten. Walhasil, dari sortiran ini kita menemukan sebanyak 52 emiten yang rutin membagi dividen tunai setiap tahunnya sejak tahun 2009 atau 10 tahun terakhir.

Tahap Sortir Emiten Pembagi Dividen Rutin 2009-2018
Ke-52 emiten ini kita tabulasi dalam file Excel baru untuk kemudian kita lengkapi dengan nama emiten, sektor dan industri dan juga frekuensi pembagian dividennya selama 10 tahun terakhir. Kolom-kolom berikutnya berisi besaran dividen per tahunnya sampai pembagian terakhir tahun 2018 ini. 

Kolom terakhir merupakan rata-rata pertumbuhan majemuk tahunan dari harga saham 52 emiten tersebut selama kurun 2009-2018 (Untuk tahun 2018 menggunakan harga per 16 Agustus 2018)





Dari tabel di atas, kita memperoleh data beberapa emiten yang rajin membagi dividen dalam sepuluh tahun terakhir. Beberapa emiten diantaranya bahkan membagi dividen lebih dari satu kali dalam setahun. Dari kolom frekuensi pembagian dividen muncul emiten SMSM yang telah 30 kali membagikan sebagian laba bersihnya untuk para investor. Disusul oleh AKRA (20), ASGR (19), UNVR (19), TURI (19), UNTR (19), ASII (19), ADRO (19), dan ITMG (19).

Berikut hasil tabulasi besaran dividen 52 emiten pembagi dividen sejak tahun 2009:




Tabel di atas juga menunjukkan bahwa emiten-emiten yang rajin membagi dividen rutin pertumbuhan sahamnya relatif baik, meskipun ada beberapa emiten yang stagnan dan bahkan mengalami perlambatan seperti PGAS, ITMG, AALI, SGRO, LSIP, TINS, dan CLPI.

Jika diurutkan berdasarkan pertumbuhan majemuk tahunan harga sahamnya, maka diperoleh hasil yang dapat dicermati dari tabel berikut:



Ada 10 emiten yang membukukan rata-rata pertumbuhan majemuk tahunan di atas 20% yaitu GMTD, MYOR, SCMA, ARNA, ACES, TGKA, SCCO, EKAD, SMSM, dan TOTO. Hasil screening ini tentunya perlu disaring ulang dengan likuiditas transaksi masing-masing saham.

Tugas selanjutnya adalah menghitung yield rata-rata tiap tahun dari dividen yang dibagikan dibandingkan dengan harga ketika cum date. Sebagaimana sering dinyatakan dalam tulisan-tulisan sebelumnya bahwa yield dividen saham-saham di bursa kita masih jauh di bawah imbal hasil deposito dan laju inflasi (Baca:11 Saham Syariah Dengan Imbal Dividen Di Atas Return Deposito, 101 Emiten Syariah Bagikan Dividen Tahun 2017).

Semoga postingan ini menjadi langkah awal menyeleksi saham-saham dengan potensi income investing dari dividen yang dibagikan. Demikian, semoga bermanfaat. [MA]


Untuk berlangganan, silakan masukkan email: