Hero

JII70: Indeks Saham Syariah Terbaru dari BEI

Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan tiga jenis indeks baru yang masing-masing memiliki karakteristik unik.Ketiga indeks ini adalah IDX High Dividend 20, IDX BUMN20 dan Jakarta Islamic Index 70 atau JII70. Ketiganya diluncurkan hari Kamis (17/5).
IDX High Dividend 20 merupakan indeks yang berisikan 20 saham perusahaan yang tercatat di BEI yang secara rutin membagikan dividen tunai selama tiga tahun terakhir. 

Konstituen yang masuk dalam indeks ini adalah perusahaan yang membagikan deviden tunai selama tiga tahun terakhir serta memiliki rata-rata harian nilai transaksi reguler untuk periode 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan terakhir masing-masing lebih besar dari Rp 1 miliar. Selanjutnya, perusahaan yang masuk dalam indeks ini juga dinilai berdasarkan imbal hasil dividen, kriteria likuiditas, dan kapitalisasi pasar.

Indeks BUMN20 merupakan indeks yang berisikan 20 saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan afiliasinya, yang termasuk anak usaha atau terdapat kepemilikan saham oleh Pemerintah, yang telah tercatat selama enam bulan. Selanjutnya, penghuni IDX BUMN20 dipilih berdasarkan kriteria likuiditas, jumlah hari diperdagangkan dan kapitalisasi pasar.

Sementara, JII70 dipilih dari Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan telah tercatat selama enam bulan terakhir. Penilaiannya penghuni indeks ini juga menggunakan faktor rata-rata transaksi harian di pasar reguler dan kapitalisasi pasar. 

Sumber: Kontan.co.id

Untuk daftar saham JII70 selengkapnya, silakan unduh dari sini! 

Untuk berlangganan, silakan masukkan email: