Hero

Langkah-langkah Pembukaan Akun Rekening IndoPremier (IPOT)

SyariahSaham.com, CIANJUR -- Salah satu pertanyaan yang sering muncul dari calon investor atau trader ketika akan memulai investasi/trading saham adalah bagaimana cara mendaftar jadi nasabah broker/sekuritas. 

Sebagaimana diketahui, sudah ada 12 broker/sekuritas yang sudah memiliki fasilitas Sharia Online Trading System atau SOTS (Baca: 12 Sekuritas Penyedia Online Trading Syariah dan Daftar link Sekuritas Online Trading Syariah).

Mulai postingan ini, kita akan mencoba membahas langkah-langkah pembukaan rekening di 12 broker tersebut. Pada tulisan kali ini, Indopremier akan dibahas pertama kali karena broker ini adalah sekuritas yang memperkenalkan SOTS paling dulu. Selamat menyimak!

Untuk pembukaan rekening dapat dilakukan dari website www.indopremier.com, kemudian pilih menu Open An Account. Pada pembukaan rekening IPOT Syariah terdapat 4 tahap yang harus dilengkapi :

Step 1. Data Email dan HP Nasabah, pada halaman ini nasabah diharuskan untuk mengisi data email dan Nomor HP. Untuk referral boleh diabaikan, dan jangan lupa untuk mencentang "Saya ingin Membuka Account Syariah" 

Step 2. Data Profil Nasabah, pada halaman ini nasabah diharuskan untuk mengisi data pribadi hingga lengkap 
Step 3. Data Pekerjaan dan Bank, pada halaman ini pengisian data pekerjaan dan referensi bank pribadi 
Step 4. Akses Login Sendiri dan password, pada halaman ini silakan membuat username sendiri yang terdiri dari huruf dan angka (6-16 karakter), misalnya AMSI82. Untuk password minimal 8 karakter, misalnya Cianjur011218. Setelah selesai mengisi, silakan tekan tombol "Finish Registrasi"
Jika registrasi telah selesai dilakukan, maka akan muncul pemberitahuan seperti berikut ini:

Setelah melengkapi proses diatas, Anda akan menerima formulir pembukaan rekening IPOT Umum atau IPOT Syariah, formulir pembukaan Rekening Dana Investor (RDI) BCA dan formulir Risk Profile Questionnaire (RPQ) ke email pribadi Anda.
Kemudian formulir tersebut di-print lalu ditandatangani serta paraf pada bagian yang sudah ditentukan dan dikirimkan langsung ke kantor IPOT Pusat dengan alamat : 

PT. Indo Premier Sekuritas 
Wisma GKBI 7/F Suite 718 
Jl. Jend. Sudirman No.28 Jakarta 10210 

Untuk kelengkapan dokumen dapat dilampirkan : 
- Copy KTP 
- Copy NPWP (jika ada) 
- Copy halaman pertama buku tabungan
- Foto selfie dengan memegang kartu identitas

Indopremier menyediakan layanan pick up dokumen jika Anda berdomisili di wilayah DKI Jakarta dengan konfirmasi melalui email ini untuk pendaftaran pick up dokumen.
Setelah dokumen diterima akan diproses untuk pembuatan rekening IPOT Syariah, Single Investor Identity (SID), Sub Rekening Efek (SRE), dan Rekening Dana Investor (RDI dari pihak Bank). Jika Anda telah menerima nomor RDI maka rekening IPOT Syariah Anda siap untuk bertransaksi.

Anda juga bisa mempelajari proses pembukaan rekening nasabah IPOT melalui flowchart berikut ini:






Referensi:
1. Facebook IPOT

Untuk berlangganan, silakan masukkan email: