Hero

Bertemu Sang Guru di KONNAS Investor Saham Pemula

Syariahsaham.com, CIANJUR --  Hari Sabtu (24/2) kemarin, bertempat di Telkom University, Komunitas Investor Saham Pemula (ISP) menyelenggarakan seminar nasional bertajuk “Strengthening the Role of Young Investor for Economies Sustainability.” 

Alhamdulillah, saya diundang sebagai salah satu pembicara di acara ini. Seminar ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Konferensi Nasional (KONNAS) Investor Saham Pemula 2018. Acara seminar ini juga menghadirkan investor yang juga guru saya dalam hal value investing, mas Teguh Hidayat dari teguhhidayat.com. Host acara ini sendiri adalah founder ISP, Frisca Devi Choirina.

Acara ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Bursa Efek Indonesia Pusat Informasi Go Public (PIGP) Bandung, Reza Sadat Shahmeini. Pak Reza menyambut baik acara ini dan mengajak para peserta untuk menjadi investor aktif di pasar modal.

Sesaat sebelum acara talkshow dimulai, saya menyelinap ke belakang tempat duduk peserta untuk menemui guru saya. Ya, guru dalam value investing melalui tulisan-tulisan bernasnya di blog yang ia kelola. Guru yang dimaksud adalah mas Teguh Hidayat (TH). Investor juga blogger yang beberapa tahun terakhir menjadi referensi untuk belajar investasi saham dengan analisis fundamental yang komprehensif.



Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan dari mas TH. Dimulai dari perkenalan dirinya, kemudian dilanjutkan dengan sharing pengalaman berinvestasi di saham-saham Indonesia dengan teknik value investing. Value investing menurut mas TH lebih menekankan kepada pembelian saham di bahwa harga wajarnya. Misalnya, membeli saham yang harga wajarnya 1000, sementara harganya masih 500 di pasar.


Setelah mas TH selesai memaparkan penjelasannya, saya diberikan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait saham syariah. Yang lebih saya tekankan dalam sesi ini adalah regulasi dan jaminan hukum syariah atas transaksi saham syariah berdasarkan fatwa DSN MUI No. 80 Tahun 2011.

Sesi tanya jawab dilangsungkan setelah pemaparan materi. Kemudian dilanjutkan overview produk dari IPOT berikut pembagian doorprize yang dipandu oleh kang Isa Martian dari IPOT Bandung. Dan setelah acara selesai, dilakukan sesi foto bersama para pembicara.


Kita berharap acara yang diselenggarakan oleh Komunitas ISP ini menjadi langkah awal akselerasi dalam hal edukasi dan sosialisasi tentang investasi di pasar modal Indonesia. Semoga. Terima kasih ISP!

Untuk berlangganan, silakan masukkan email: