Order Rentetan 2017

Hero

CIBER: Mengenal Analisis Fundamental

Syariahsaham.com, CIANJUR -- Kita telah memahami hakekat investasi dan belajar tentang beberapa instrumen investasi, juga the power of compounding, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai alasan kita memilih saham sebagai instrumen investasi. Postingan kali ini akan membahas tentang analisis fundamental.
ANALISIS FUNDAMENTAL
Ada korelasi kuat antara fundamental dengan harga. Hanya perusahaan-perusahaan yang fundamentalnya bagus dan tumbuh maka harganya juga akan tumbuh. 
Kadang-kadang investor sifatnya tidak rasional yang karena optimisme berlebihan mereka bersedia membeli dengan harga jauh di atas harga wajarnya (PER nya tinggi). Apa itu PER? Bagi yang belum mengenalnya nanti akan kita bahas di dalam sesi pembahasan rasio-rasio.

Bagi value investor (investor nilai) mereka akan menghindarkan diri dari membeli saham di harga yang jauh di atas harga wajarnya. Value investor (investor nilai) akan selalu berusaha membeli jika harga berada jauh dibawah harga wajarnya. 
Apakah ini mungkin terjadi padahal harga katanya mencerminkan fundamental perusahaan? Jawabannya adalah sangat mungkin. 
Seperti telah dikatakan sifat investor kadang-kadang tidak rasional. Bisa saja perusahaan-perusahaan yang bagus fundamentalnya harganya jatuh jauh di bawah harga wajarnya karena faktor lingkungan atau faktor-faktor yang sifatnya psikologis.

***
The best time to start investing was yesterday. The second best time is today. Tomorrow is better than nothing. INVESTING COACH Channel ini akan sangat bermanfaat sekali jika anda mengikuti juga diskusinya. Untuk mengikuti diskusinya silahkan klik: 

Untuk berlangganan, silakan masukkan email: