Order Rentetan 2017

Hero

Bila Pasar Tak Sesuai Harapan

Syariahsaham.com, CIANJUR -- Jikalau IHSG hari ini turun dalam dan semua saham saya CL; berapakah sisa ekuiti saya setelahnya?
***

Pernah ga kepikiran demikian?

Saat ini indeks kita lagi bagus-bagusnnya; inflow dari foreign terus berlanjut dan membawa IHSG terus cetak ATH (all-time-high). Semangat optimisme beberapa minggu belakangan terasa di berbagai grup saham. Masing-masing kita sibuk mencari dan menganalisis sambil bertanya, 'besok beli saham apa ya' atau 'besok saham yang naik apa ya'. Rasanya semua analisis berjalan lancar, indikator dan 'feeling' bekerja ampuh, prediksi jadi kenyataan dan tergoda untuk jumawa.

Tapi siapkah kita, jikalau ternyata IHSG bergerak secara berlawanan dari harap; menyebabkan saham-saham yang ada di porto pun juga berubah merah?

Mungkin diantara kita ada yang sudah pasang level SL/CL di tiap saham; namun apakah kita tau persis, jikalau semua level SL/CL itu tersentuh, berapa yg tersisa dari ekuiti kita? Yakin jumlah tersebut sesuai dengan kesanggupan kita? Yakin semangat dan mental kita tidak akan rontok karenanya?

Jikalau yang tidak pasang SL; apakah kita yakin saat pasar koreksi masih ada cash untuk melakukan average down? Lalu misalkan ternyata pasar dan saham kita terus bergerak turun walau sudah average down, apakah sanggup melihat sejumlah aset kita tsb tidak bisa ditarik karena alasan 'tidak mau jual rugi' namun tidak ada lagi cash tersisa untuk average down?

Akhirnya seberapa siapkah kita untuk menghadapi kemungkinan skenario ke depan?

Salam,
Evan

Untuk berlangganan, silakan masukkan email: