1

1

[Order] Rekap Laporan Akhir Tahun (RELAKUAT) 2016

10 Kesalahan Investor Pemula: Bagian 1

Syariahsaham.com, CIANJUR -- Oleh: Arief TS (founder https://t.me/PasarModalSyariah & https://t.me/investorsyariahsukses )

Assalamu alaikum wr wb

Pada hari ini kita akan membahas perihal kesalahan kesalahan yg sering dilakukan oleh para investor pemula

Semua investor dalam pasar modal pasti pernah mengalami yang namanya menjadi pemula pada masa awal-awal mereka berinvestasi.

Tidak dapat kita pungkiri kita dalam keadaan sadar atau tidak pernah melakukan kesalahan yang seharusnya tidak terjadi apabila diri kita MEMIKIRKANNYA dalam-dalam sebelum memulai investasi.

sahabatku investor syariah sukses yg dirahmati oleh ALLAH SWT patut kita ketahui bahwa KESALAHAN dalam berinvestasi tersebut bisa berdampak pada kesuksesan rekan rekan dalam berinvestasi dalam pasar modal syariah dan bisa saja kesalahan yg rekan lakukan saat ini akan tetap ada hingga sekarang.

namun TIDAK USAH BERKECIL HATI sekelas WARREN BUFFETT juga pernah membuat kesalahan-kesalahan di awal karir investasinya dan hingga sekarang pun ia masih membuat kesalahan.

Saya akan menginformasikan perihal kesalahan apa saja yg sering terjadi dan berulang ulang kali dilakukan oleh para investor pemula

agar rekan rekan sekalian tidak melakukan hal yang sama

Berikut ini adalah kesalahan yang dilakukan oleh investor saham pemula.

1. Tidak Melakukan Analisa Sebelum Membeli

Ini adalah kesalahan yang SANGAT FATAL karena membeli saham tanpa melakukan analisa itu sama seperti berjudi.

PETER LYNCH SAY :

"Apabila anda membeli saham tanpa analisa itu sama saja seperti anda berjudi poker dengan kartu lawan anda yang tertutup".

perkataan Peter lynch diatas itu mengibaratkan Orang yang membeli saham itu tidak akan tahu apa yang ia beli karena tidak melihat sampai mendetail padahal seharusnya dalam setiap transaksi pembeli seharusnya kita sebagai seorang INVESTOR dapat mengerti apa yang kita beli tersebut seperti yang saya sebutkan dibawah ini :

a.kekuatan financial emiten
b.rencana bisnis emiten
kesehatan laporan
c.keuangan (LK) emitten tersebut
d. siapakah yg menjabat dalam struktur organisasi emitten apakah orang jujur atau orang yg terkena skandal kasus hukum

Maka langkah awal yg perlu rekan rekan lakukan adalah melakukan ANALISA FUNDAMENTAL & TEKNIKAL

disaat akan membeli saham karena saham bukanlah murni perjudian.

Ada ilmu yang harus diterapkan di dalamnya agar dapat meraih PROFIT dalam berinvestasi.

2. Hanya Mengikuti Rekomendasi Orang atau rekomendasi dalam group media sosial dan investasi

kesalahan yg kedua ini sering kali terjadi dan hal ini tanpa kita sadari masuk kedalam rekomendasi dimana menguntungkan yang memberikan rekomendasi saham tersebut.

dan menyebabkan dana rekan rekan sekalian nyangkut dan tidak dapat diputarkan kembali untuk dapat melakukan transaksi perdagang saham dipasar modal dikarenakan harga saham tersebut bukannya meningkat malah mengalami PENURUNAN HARGA SAHAM.

tapi saya juga tak pungkiri juga ada beberapa rekomendasi yg diberikan itu benar namun ada pula rekomendasi yang meleset

karena sejatinya sebuah rekomendasi TIDAK ADA YANG SEMPURNA.

Namun apabila anda barengi dengan analisa rekan rekan secara pribadi maka setidaknya rekan rekan investor pasar modal syariah dapat memetik pelajaran dari  kesalahan dalam memutuskan investasi tersebut.

Sehingga dapat menjadi investor yang lebih baik di masa yang akan datang.

3.Tidak Berinvestasi dalam Jangka Panjang

seperti yg kita ketahui instrumen saham masuk ke dalam katagori instrumen investasi jangka panjang yang artinya saham dapat memberikan imbal hasil yang besar dalam jangka panjang.

Dengan berinvestasi jangka panjang maka risiko saham akan dapat diminimalisir.

Peter Lynch say :

 "Memprediksi saham akan naik atau turun dalam 1-2 tahun itu sulit, kamu bisa melempar koin untuk menentukannya.

Saham akan lebih mudah diprediksi dalam 10-20 tahun".

Terkadang saham yang bagus mengalami penurunan dalam setahun karena SENTIMEN NEGATIF dan naik pesat dalam beberapa tahun karena rencana bisnis yg dilakukan oleh perusahaan berhasil dan menghasilkan peningkatan LABA PERUSAHAAN.

Investor yang melakukan cut loss pada saat adanya sentimen negatif itu terjadi hanya dapat melihat saham tersebut naik tanpa mendapatkan KEUNTUNGAN ATAS SELISIH HARGA yg terjadi.

Selanjutnya di Kesalahan Investor Pemula: Bagian 2

Untuk berlangganan, silakan masukkan email: