Hero

Etuz: Momentum and Money Management

Syariahsaham.com, BANDUNG -- Berikut ini catatan pagi dari founder channel telegram Price Action Method, Prof. Etuz.

Selamat pagi!
Salah satu unsur terpenting dalam trading adalah momentum. Momentum itu bicara soal waktu, timing yang tepat untuk membeli dan menjual. Entry dan exit timing itu sama pentingnya, tapi exit yang baik akan lebih mudah kalo kita memiliki entry yang baik pula.

Pertanyaannya, bagaimana kita tahu kapan waktu entry yang baik? Kita semua bisa berdebat untuk itu,dengan menggunakan berbagai macam indikator sesuai selera,dan trading style sesuai psikologis masing2, tentu waktu entry terbaik setiap orang akan berbeda. 

Tetapi satu hal yang perlu kita pahami adalah tidak ada satupun orang yang bisa memprediksi dengan tepat,kapan harga saham akan berbalik arah atau kapan saham akan naik atau turun..

Lantas apa yang harus kita lakukan? Kalau kita menyadari hal ini, maka adalah penting untuk kita mempelajari yang namanya money management. Sama seperti jendral dalam perang akan mengutus dulu pasukan kecil untuk memata-matai kondisi musuh, demikian kita sbg trader bisa melakukan hal yang sama. 

Ketika awal entry,mulailah dengan mencicil, jangan gunakan seluruh modal,tetapi cicil entry anda..ketika kemudian market bergerak sesuai keinginan anda,yaitu harganya naik, maka barulah tambahkan lagi posisi anda di dalamnya, strategi ini disebut average up..

Apa keuntungannya? Jelas kalau posisi pertama salah,maka kerugian yang anda derita tidak akan sebanyak kalau anda langsung memakai seluruh modal di entry pertama. Jadi jangan lupa untuk selalu rencanakan trading anda sebelum melaksanakannya, entry di berapa, tambah di berapa, stoploss di berapa,dan take profit di berapa.

Itu sedikit tips dalam money management, demikian semoga berguna.

Salam cuan
Etuz

Untuk berlangganan, silakan masukkan email: