1

1

[Order] Rekap Laporan Akhir Tahun (RELAKUAT) 2016

TobeNotes: Mengenal Beta Harian Saham

Syariahsaham.com, CIANJUR -- Tulisan terbaru dari kang Tobeno:
 
Dear Traders,

Kapan sih harga saham dikatakan bergerak melebihi kebiasaannya?  Hingga artikel ini ditulis, tak terdengar ada diskusi atau tulisan yang menjelaskannya dalam bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti.  Apakah hal ini penting bagi trader?

Hanya ada tiga formasi trend yang akan terjadi atas pergerakan harga apapun termasuk saham; uptrend, downtrend, dan sideways. Secara visual pergerakan harga dikatakan uptrend jika harga di sisi kiri lebih rendah dibandingkan harga di sisi kanan dalam sebuah chart.  

Sebaliknya, dikatakan downtrend jika harga di sisi kiri lebih tinggi dari sisi kanan.  Sedangkan sideways, keduanya hampir sejajar.  Sayangnya pengamatan visual tidak dapat memberikan angka sebagai patokan dalam membuat trading plan.  Selain itu, cara pandang visual dapat keliru karena mengabaikan harga-harga yang terjadi di antara ke dua sisi.

Dalam statistika ketiga trend digambarkan dalam besaran beta.  Jika beta positif maka itulah uptrend, negatif downtrend, sedangkan nol dinyatakan sideways.  Semakin positif besaran beta semakin kuat uptrend yang terjadi.  Demikian sebaliknya.  Downtrend berat, jika beta semakin negatif.

Lalu, apa gunanya mengetahui beta? 

Beta menunjukkan perubahan harga yang terjadi dalam satu-satuan waktu.  Jika beta berasal dari harga harian maka setiap hari harga akan bergerak 1x beta atau 5x beta/minggu.  Jika harga bergerak melebihi beta positif maka trend makin kuat sehingga keputusan buy menjadi pilihan.  Sebaliknya jika di bawah beta maka trend menunjukkan pelemahan dan saatnya untuk memperketat stop loss.

Contoh:

Beta PWON = -9

PWON sedang dalam trend turun karena bertanda negatif dengan pelemahan harian sebesar -9 poin.

Jika hari H penurunannya melebihi 10 (pembulatan) maka trend masih berlanjut bahkan semakin kuat.  Saatnya melepas saham ini dan buy back jika penjelasan di bawah terjadi.

Jika hari H penurunannya lebih kecil dari 10 atau malah naik (positif) maka ada indikasi trend akan berganti dan saatnya siap-siap untuk entry atau buy back.

Jika penurunan PWON selama seminggu lebih dari 45, berarti confirmed downtrend masih berlanjut.  Bagi trader yang tidak bisa monitor harian, dapat men-set SL mingguan 50 poin di bawah harga beli untuk PWON.

Secara ringkas beta dapat dikatakan sebagai perubahan harga dalam satuan waktu (hari/minggu/bulan).

Berikut beta harian beberapa saham per 23/12/16:

ADHI = -15
LPPF = -190
ASRI = -2
BWPT = 6
UNVR = -300

Dengan mengetahui beta saham, trading menjadi lebih menenangkan.
Trading without counting is gambling.

Catatan:
Ini BUKAN beta yang ada di Yahoo Finance, Reuters, atau Bloomberg yang menjadikan indeks sebagai benchmark.

To all of you,
HAPPY HOLIDAYS

Be A Confident Trader!24.12.16

Untuk berlangganan, silakan masukkan email: