1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

Rasio Prediksi Laba Bersih Full Year dari Laba Bersih Semesteran Saham-saham JII

Syariahsaham.com, CIANJUR -- Pada tulisan tentang jadwal rilis laporan keuangan tengah tahun semua saham yang ada di BEI, kita dapat memprediksi dan mengantisipasi kapan suatu emiten menerbitkan laporan kinerja semester pertama tahun ini.

Apa manfaat mencermati laporan tengah tahun? Salah satunya adalah memprediksikan laba bersih setahun penuh yang biasanya dirilis Januari sampai dengan Maret tahun depan.

Bagaimana dengan saham-saham JII (Jakarta Islamic Index)? Syariahsaham.com meriset ke-30 saham JII dari sisi rasio laba bersih setahun penuh dibandingkan laba bersih semester pertama tahun tersebut.

Riset kecil-kecilan ini mengambil periode laporan tahun 2011 sampai dengan 2015. Berikut ini tabel lengkap laba bersih 6M dibandingkan dengan laba bersih 12M:

Dari tabel tersebut kita sortir lagi berdasarkan urutan rasio terbesar laba bersih tahunan dibandingkan dengan laba bersih tengah tahunan. Hasilnya dapat kita cermati dari tabel berikut ini:

Normalnya, rasio rata-rata laba tahunan dibandingkan laba tengah tahunan berada di kisaran 2 kali lipat. WSKT, PTPP, INCO dan LPPF termasuk 4 saham yang berbeda dari yang lainnya.

Hal ini sedikit menggambarkan bahwa keempat emiten ini kemungkinan besar memperoleh kenaikan laba signifikan pada dua kuartal akhir setiap tahunnya. 

WSKT dan PTPP misalnya, kedua saham konstruksi BUMN ini memang sering kali membukukan laba bersih yang melonjak di kuartal terakhir dikarenakan kontrak-kontrak yang baru terealisasi.

Sementara itu, LPPF yang berbasis perdagangan ritel, biasanya dipengaruhi musim lebaran dan akhir tahun yang mengerek penjualan seiring daya beli masyarakat yang meningkat.

Adapun INCO kemungkinan laba bersihnya naik di akhir tahun dikarenakan harga nikel dunia yang biasanya merambat naik di saat musim dingin akibat pasokan yang berkurang.

Selamat mengamati dan mencermati! Mohon kritik dan sarannya, terima kasih!.

---
Bagi yang berminat pre-order laporan tengah tahun (enam bulan pertama 2016) dari seluruh emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, silakan klik di sini!

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " Rasio Prediksi Laba Bersih Full Year dari Laba Bersih Semesteran Saham-saham JII "

Poskan Komentar