1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

Berharap Prospek Matahari Secerah Mentari: Bagian 2

Syariahsaham.com, CIANJUR -- Sebelumnya >>> Berharap Prospek Matahari Secerah Mentari: Bagian 1

Jaringan Ritel 
Per 31 Desember 2015, jaringan Matahari terdiri dari 142 gerai di 66 kota di seluruh Indonesia, dengan total luas gerai yang mencapai 931.700 meter persegi, menjadikannya jaringan department store terbesar di Indonesia. 

Hanya ada satu peritel department store lainnya yang memiliki lebih dari 100 gerai di Indonesia, sedangkan operator department store besar berikutnya hanya memiliki kurang dari setengah jumlah gerai Matahari. 

Seasonality 
Gerai Perseroan mengalami perubahan tren penjualan sepanjang tahun. Perseroan membuat kegiatan promosi dan iklan yang spesifik terkait dengan peristiwa penting dan hari libur seperti lebaran, periode Juni-Juli saat liburan sekolah (‘back to school’), Tahun Baru Imlek dan Natal. 

Periode 44 hari sebelum Lebaran menyumbang Penjualan Barang Dagangan sebesar 27,6% pada tahun 2014 dan 27,7% pada tahun 2015. Sekitar dua minggu sebelum lebaran, seluruh karyawan di Indonesia menerima tunjangan satu bulan gaji sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan di Indonesia. 

Pada dua tahun terakhir, periode Idul Fitri jatuh pada bulan Juni dan Juli, bertepatan dengan waktu liburan sekolah Indonesia. Masing-masing bulan menghasilkan 32,3% dan 31,9% Penjualan Barang Dagangan di tahun 2014 dan 2015. 

Perseroan juga mengalami peningkatan penjualan di sekitar Natal dan Hari Raya Imlek. Setelah Natal, penjualan Perseroan kembali ke tingkat rata-rata. Setiap periode puncak memiliki dampak positif pada hasil usaha Perseroan. Selain Idul Fitri dan Hari Raya Imlek, ada beberapa hari libur lainnya sepanjang tahun yang tidak terjadi pada tanggal yang sama. 

Dividen 
Mulai tahun 2014, LPPF membagikan dividen dengan rasio 40-60% dari laba bersih. Untuk tahun buku 2015, dividen yang dibagikan sebesar Rp 427,30 per saham. 

Berikut tabel pembagian dividen sejak tahun 2014: 

Kinerja Matahari 
Perseroan mencatatkan penjualan barang dagangan masing-masing sebesar Rp 14.421,4 miliar dan Rp 15.974,5 miliar di tahun 2014 dan 2015, sedangkan SSSG mencapai 10,7% pada tahun 2014 dan 6,8% pada tahun 2015. 

Perseroan memperoleh pendapatan dari hasil penjualan produk di gerai-gerainya. Namun di tahun 2016, sebagian pendapatan akan dihasilkan oleh penjualan sejumlah produk Matahari melalui portal ritel online, MatahariMall.com. 

Pendapatan Perseroan terdiri dari pendapatan bersih dari vendor konsinyasi (CV) dan penjualan produk pembelian langsung/directly purchased (DP). 

Mencerminkan tren peningkatan permintaan terhadap produk DP, yang sebagian besar adalah merek eksklusif Matahari, penjualan produk konsinyasi menurun dari 66,0% di tahun 2014 menjadi 64,5% di tahun 2015, sedangkan penjualan DP meningkat menjadi 35,5%. Merek-merek konsinyasi yang dijual di gerai Matahari meliputi Polo, Clinique, Revlon, Fladeo, levi’s, Cardinal, logo dan Executive. 

Pada tahun 2015, 80,1% penjualan DP dihasilkan oleh merek-merek eksklusif Matahari, seperti Nevada, Cole, little M dan Connexion. Nevada merupakan merek pakaian modis berharga terjangkau yang paling popular di Indonesia (melampaui merek-merek internasional) menurut survei konsumen mengenai unaided brand awareness oleh MarkPlus Insight pada tahun 2012; Cole, little M dan Connexion juga masuk ke dalam sepuluh besar. 

Berikut ini ringkasan kinerja setahun penuh 2015: 

Dan berikut ini ringkasan pencapaian kinerja kuartal pertama tahun 2016: 


Menilai Harga Wajar LPPF 
Melihat kinerja LPPF yang terus tumbuh tentunya akan menarik minat para investor untuk mengoleksi saham ritel ini. 

Bagaimana dengan harga wajar saham LPPF ini? Kita akan mencoba menghitung harga wajar ini dengan fasilitas yang disediakan oleh BEI5000.com. 

Dari perhitungan harga wajar versi BEI5000.com, diperoleh harga wajar saham LPPF sebesar Rp 11.062. Jika dibandingkan dengan harga terkini, saham LPPF diperdagangkan di atas harga wajarnya. 

Meski demikian, melihat prospek pertumbuhan gerai dan e-commerce di Indonesia yang diimbangi dengan daya beli masyarakat yang terus tumbuh, LPPF bisa menjadi salah satu koleksi saham investasi di masa depan. Disclaimer on [amsi]

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " Berharap Prospek Matahari Secerah Mentari: Bagian 2 "

Poskan Komentar