1

1

[Order] Rekap Laporan Akhir Tahun (RELAKUAT) 2016

2 Saham Syariah "Langganan" Asing di Semester Pertama 2016

Syariahsaham.com, CIANJUR -- Perdagangan tadi sore yang ditutup di atas 5.000 menjadi rekor tersendiri secara year to date. 

Di balik kegemilangan bursa kita hari ini, tentunya peran saham-saham pengerek indeks tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Salah satu faktor yang biasanya mempengaruhi laju pergerakan saham, terutama saham-saham big caps, adalah faktor kepemilikan dan aktivitas transaksi investor asing dalam saham tersebut.

Atas usulan salah seorang pembaca setia blog ini, penulis menginisiasi rekapitulasi saham-saham syariah yang dari bulan Januari 2016 lalu, selalu masuk dalam top net buy asing.

Langkah pertama yang ditempuh adalah menyaring saham-saham mana saja yang selalu masuk top net buy asing dalam enam bulan terakhir.
Dari tahap pertama ini dihasilkan sekitar 25-40 saham yang masuk dalam top net buy asing dengan nilai transaksi beli bersih lebih dari Rp 5 miliar setiap bulannya.

Screening ini menghasilkan belasan saham yang sering masuk (5-6 kali) dalam top net buy asing selama enam bulan terakhir.

Uniknya, terdapat dua saham yang selalu membukukan nilai beli bersih oleh investor asing pada setiap bulan dalam enam bulan pertama tahun 2016.

Saham apa sajakah yang termasuk kategori "langganan" beli asing selama semester pertama tahun ini? Tabel berikut akan mencoba menjelaskannya:
Ya, produsen Promag (KLBF) dan So Nice (JPFA) menjadi dua emiten yang konsisten membukukan pembelian bersih oleh asing mulai bulan Januari hingga Juni 2016.

Tabel di atas juga mengindikasikan beberapa saham dengan jumlah dan rerata nilai beli bersih investor asing selama satu semester awal tahun ini.

Selamat mencermati dan menyimpulkan! Disclaimer On. Semoga bermanfaat.


Untuk berlangganan, silakan masukkan email: