Order Relakuat 2016

Hero

Hero

24 Saham Syariah Paling Tumbuh Dalam Lima Tahun Terakhir (1)

CIANJUR, Syariahsaham.Com - Hampir seluruh emiten syariah sudah merilis laporan keuangan tahunan 2015. Dari rekap laporan tahunan tersebut, kita sudah bisa memncermati emiten mana saja yang membukukan pertumbuhan kinerja dan juga yang mengalami perlambatan.

Dari hasil diskusi di telegram grup Syariah Saham (Klik di sini untuk bergabung!), kita meriset saham-saham syariah yang mengalami pertumbuhan dalam kurun waktu 1, 3 sampai 5 tahun terakhir.

Langkah pertama yang dilakukan adalah menyaring 520-an saham yang terdaftar di bursa untuk kemudian dipilih saham-saham syariah saja.

Alhasil, sekitar 317 saham dikategorikan syariah. Langkah berikutnya adalah memilih saham-saham syariah yang membukukan laba bersih di tahun 2015. Pada langkah ini, saham-saham syariah yang mengalami kerugian tereliminasi.

Selanjutnya, saham-saham syariah yang membukukan laba bersih ini dipilah kembali berdasarkan pertumbuhan laba bersih. Saham-saham syariah yang mencatatkan penurunan laba bersih dikeluarkan.

Setelah mendapatkan saham-saham dengan pertumbuhan laba bersih dalam setahun terakhir, kita bandingkan dengan kinerja mereka selama tiga dan lima tahun terakhir. 

Jika dalam selang waktu tersebut terdapat kerugian, maka kita keluarkan saham syariah tersebut dari daftar.

Setelah melewati tahapan screening di atas, kita berhasil mendapatkan 24 saham syariah dengan pertumbuhan menawan selama 1,3 dan 5 tahun terakhir.

Saham-saham syariah tersebut berasal dari enam sektor berbeda. Keenam sektor tersebut masing-masing adalah:
  • Pertanian : 2 saham 
  • Aneka Industri : 2 saham 
  • Konsumsi : 5 saham 
  • Properti dan Konstruksi : 7 saham 
  • Infrastruktur: 2 saham 
  • Perdagangan: 6 saham
Saham-saham apa sajakah yang masuk kriteria kita kali ini? Kita akan membahasnya pada postingan berikutnya.

Untuk berlangganan, silakan masukkan email: