Gazafa.com

Hero

Review Kinerja Full Year 2015 Saham-saham Bluechip Syariah: Sektor Pertanian

CIANJUR, Syariahsaham.Com - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) menjadi emiten JII (Jakarta Islamic Index) terakhir yang melaporkan kinerja tahunan 2015 pada hari Rabu (6/4).

Dengan demikian, kita sudah bisa mulai mereview kinerja tahunan dari saham-saham bluechip syariah yang masuk perhitungan JII.

Sektor Pertanian
Dalam perhitungan indeks JII, sektor pertanian diwakili oleh trio sawit, masing-masing Astra Agro Lestari Tbk. (AALI), PP London Sumatra Indonesia Tbk. (LSIP),  dan Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS). Bagaimana dengan kinerja ketiganya tahun lalu? Mari kita simak!

Dari sisi posisi keuangan, AALI menjadi emiten yang memiliki ekuitas terbesar dibanding dua pesaingnya. Dengan aset lebih dari 20 triliun rupiah dan kewajiban sebesar 9,8 triliun, AALI menjadi emiten pertanian dengan ekuitas sebesar 11, 7 triliun rupiah, jauh mengungguli LSIP (Rp 7,3 triliun) dan SSMS (Rp 3,03 triliun) (Lihat tabel berikut ini!)


Selanjutnya dari sisi penjualan, AALI masih mendominasi. Namun dari perolehan laba bersih, LSIP lebih unggul (Lihat data selengkapnya pada tabel di bawah ini!)


Bagaimana dengan rasio keuangan ketiga emiten sawit ini? Tabel berikut mencoba menjelaskannya:

Demikian, semoga bermanfaat! Disclaimer On.

Bersambung ...

Untuk berlangganan, silakan masukkan email: