1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

Kenaikan Saham Bluechip di Bulan Januari: Studi Kasus 5 dan 10 Tahun Terakhir

CIANJUR, SYARIAHSAHAM.COM - Riset ini bermula dari rasa penasaran akan saham-saham apa yang biasa naik setiap bulan Januari. Langkah pertama yang dilakukan adalah memilih sampel. Sampel yang dipilih adalah 20 saham paling besar secara kapitalisasi dan juga paling likuid.

Setelah dipelajari dan ditelusuri, 20 saham yang akan dijadikan sampel pun diperoleh. Kedua puluh saham tersebut bisa dicermati melalui tabel berikut ini:

Setelah mendapatkan dua puluh saham ini, kita entri kenaikan masing-masing saham pada setiap bulan Januari dalam 10 tahun terakhir. Dari hasil penelusuran ini, diperoleh beberapa saham dengan frekuensi kenaikan dan penurunan di bulan Januari.

Kita mulai dari kurun lima tahun terakhir. Dalam periode ini, 8 saham membukukan kenaikan di bulan Januari dalam 4 dari 5 tahun terakhir (80%), 8 saham dalam 3 dari 5 tahun (60%), 2 saham hanya naik dalam 2 dari 5 tahun (40%) dan 2 saham hanya naik sekali dalam lima tahun terakhir.

Sementara itu, dalam periode 10 tahun terakhir, terdapat satu saham yang fantastis. Saham ini membukukan kenaikan selama bulan Januari dalam 9 dari 10 tahun terakhir. Ada yang bisa menebak saham apa itu?

Berikut ini tabel lengkap frekuensi kenaikan 20 saham di atas dalam 5 dan 10 tahun terakhir:

Mengejutkan bukan? #UNTR adalah jawaranya... Bahkan ketika sektornya tertekan pun, #UNTR berhasil membukukan kenaikan di bulan Januari dalam 9 dari sepuluh tahun terakhir.

Sebaliknya, duet maut semen nasional, #SMGR dan #INTP malah menjadi saham terburuk di bulan Januari, karena hanya 2-3 kali naik dalam sepuluh tahun terakhir

Sementara itu, tabel persentase kenaikan masing-masing saham dapat dicermati dalam tabel di bawah ini:



Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

3 Responses to " Kenaikan Saham Bluechip di Bulan Januari: Studi Kasus 5 dan 10 Tahun Terakhir "

  1. Makasih informasinya, Kang. Untung INTP dan SMGR dah dilepas Desember kemarin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kang Mumu, tetap disclaimer On nya ... :)

      Hapus
  2. SMBR bagaimana Pak ?
    kemarin yb buy lumayan gede sampai 17 M , kebiasaan begini biasanya mendahului rumor.
    apa ada info atau rumor smbr ???

    BalasHapus