1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

Diskusi tentang Hasil Paparan Publik PT Soechi Lines Tbk (SOCI) di BEI5000

CIANJUR, SYARIAHSAHAM.COM - Pada tanggal 11 November 2015, PT Soechi Lines Tbk, emiten yang bergerak di bidang pelayaran dan galangan kapal melaksanakan paparan publik untuk tahun 2015. Berikut ini kutipan diskusi di forum BEI5000.com:

SOCImania, yuk kita bahas hasil paparan publik 11 November kemarin.

Berapa rencana Capex 2016 dan sumber pendanaannya darimana? 
Jawaban:
Untuk shipping, capex tergantung pada demand terhadap muatan, namun jika melihat pada tren 3-4 tahun terakhir, capex shipping sekitar USD 30-50 juta. Untuk shipyard, capex hanya tinggal untuk penyelesaian floating dock tahun ini. Capex yang diperlukan tinggal senilai USD 10 juta. 



Untuk sumber pendanaan, biasanya pendanaan biasanya dari pinjaman bank. Dengan masuknya Perseroan ke pasar modal, maka Perseroan memiliki opsi-opsi lain sebagai alternatif sumber pendanaan.

Bagaimana dampak harga minyak terhadap bisnis Perseroan?
Jawaban:

Fokus bisnis Perseroan adalah transportasi logistik minyak dan gas (migas) ke wilayah-wilayah Indonesia, dan minyak merupakan kebutuhan energi utama di Indonesia. Jadi walaupun ada fluktuasi penurunan harga minyak, permintaan migas tetap besar, trennya meningkat. Kinerja kita lebih kepada besaran volume migas yang kita distribusikan.

Bagaimana persiapan Perseroan dalam menghadapi kemungkinan kenaikan suku bunga the Fed yang akan berdampak pada kenaikan US Dollar?
Jawaban:

Masuknya Perseroan ke pasar modal merupakan upaya untuk memperoleh sumber pendanaan selain pendanaan dari bank, ditengah perubahan kondisi pasar yang fluktuasi belakangan ini. Perseroan juga terus membangun hubungan kerjasama dengan perbankan sehingga kita tetap kompetitif dalam pendanaan.

Apakah sudah ada rencana penambahan klien lain untuk pertumbuhan bisnis Perseroan?
Jawaban:

Pada saat perusahaan berdiri, 100% customer Perseroan adalah Pertamina. Kemudian, customer Perseroan terdiversifikasi menjadi perusahaan produsen migas lainnya/segmen hulu, seperti Conocco, dan juga perusahaan-perusahaan pengguna produk hasil kilang migas/segmen hilir, seperti Mitsui

Apakah ada rencana penambahan kapal-kapal baru?
Jawaban:

Setiap tahun Perseroan selalu memperhatikan pasar untuk penambahan kapal baru. Program-program pemerintah seperti penambahan dan perbaikan refinery, kemudian pengerjaan proyek-proyek infrastruktur yang akan meningkatkan penggunaan migas selalu kami perhatikan untuk apakah Perseroan bisa menyuplai adanya permintaan dengan kapal-kapal baru.

Apa yang mendorong peningkatan laba usaha 2014?
Jawaban:

Pada 2013, Perseroan mengakuisisi VLCC yang mana kapal tersebut langsung beroperasi dengan utilisasi penuh ditahun 2014. VLCC ini menjadi salah satu pendorong pertumbuhan laba usaha 2014.

Biaya untuk bunker kira-kira berapa persen dari total biaya operasional?
Jawaban:

Untuk kontrak time charter, biaya bunker ditanggung oleh penyewa.

Mengapa Perseroan memilih Karimun untuk bisnis galangan kapal dimana perusahaan galangan kapal biasanya lebih memilih lokasi di Batam?
Jawaban:

Perseroan memilih kawasan Karimun adalah pertama, di Karimun kedalaman air yang diperoleh bisa mencapai 12 meter; di Batam kedalaman airnya antara 5-7 meter. Dengan kedalaman air yang lebih dalam ini, kapal-kapal yang lebih besar diharapkan dalam jangka panjang bisa repair and maintenance ke shipyard kita.

Di Karimun juga, luas areanya masih mendukung. Shipyard kita luasnya sekitar 200 hektar saat ini. Kemudian, lokasinya yang dekat dengan Selat Malaka, salah satu selat tersibuk di dunia, diharapkan akan menjadi pasar untuk kita.

Rasio SOCI versi SyariahSaham.Com


Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " Diskusi tentang Hasil Paparan Publik PT Soechi Lines Tbk (SOCI) di BEI5000 "

Poskan Komentar