1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

Ngobrol bareng Kepala Bursa Efek Indonesia Perwakilan Bandung: Blog sebagai Media Edukasi Pasar Modal

Pagi-pagi benar saya berangkat dari kampung, Cianjur menuju Bandung untuk melegalisir akta nikah dan ijazah. Akta nikah ke Jalan Pajajaran dan ijazah ke Ledeng. Singkat cerita, sebelum Zhuhur keperluan legalisir sudah selesai. 

Sehabis Jumatan di masjid Al-Furqon UPI, muncul inisiatif untuk mengunjungi Bursa Efek Indonesia Perwakilan Bandung, tempat mas @hendrik_lwww berkantor dan juga gathering member forum saham bei5000.com bulan Maret lalu.

Akhirnya, tiba juga di kantor BEI. Setelah mengisi buku tamu dan memberitahukan keperluan pada pak Satpam, saya diperkenankan menemui Kepala BEI Perwakilan Bandung, pak Hari Mulyono.


Obrolan pun berlangsung sekitar 90 menitan. Berbicara seputar program BEI Bandung dalam sosialisasi dan edukasi pasar modal bagi para investor pemula, khususnya di Jawa Barat. 

Dikemukakan juga berbagai hambatan dan rintangan dalam meng-encourage para investor, terutama investor yang frustrasi karena saham-sahamnya disuspend atau harganya meluncur deras.



Dalam kesempatan ini, pak Hari menegaskan pentingnya mendefinisikan diri kita sejak awal terjun ke pasar saham. Ia membagi 3 profil praktisi saham: trader, growth investor dan value investor. Ia juga menekankan pentingnya mengenali tool dan jurus yang digunakan bagi setiap profil di atas.


Obrolan pun bergeser pada program BEI Bandung untuk bekerjasama dengan forum-forum saham atau blog dalam ikut mengedukasi masyarakat tentang saham. Yang menarik adalah ketika dia menyebutkan forum bei5000 yang sudah ia kenal sebagai salah satu forum saham di Jawa Barat, bahkan Indonesia.


Lebih lanjut, ia berasumsi bahwa untuk memasyarakatkan pasar modal, bukan hanya harus bekerja sama dengan para anggota bursa (broker) dan emiten, tetapi juga blogger dan forum-forum saham online yang justru sebenarnya bisa ikut men-drive market.


Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini BEI Bandung berencana mengumpulkan para blogger yang membahas saham, khususnya yang berdomisili di Jawa Barat, untuk menyamakan visi dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang investasi dan trading saham khususnya.
Dua website yang sering ia sebut dalam pembicaraan adalah bei5000.com dan creative-trader miliknya mas Argha Jonathan .

Syariahsaham.com juga insyaAllah akan ikut berpartisipasi dalam program edukasi ini, terutama dalam membidik investor pemula yang memilih saham syariah sebagai instrumen investasi. 


So, setelah bei5000.com menjadi #1 dalam 20 website saham terpopuler versi syariahsaham.com, alhamdulillah hari ini forum tersebut mendapat pengakuan dan apresiasi dari Bursa Efek Indonesia Perwakilan Bandung, demikian juga dengan syariahsaham.com, InsyaAllah ke depan, kita semakin bermanfaat bagi masyarakat ...

Congrats buat mas 
@hendrik_lwww yang menginisiasi forum ini, demikian halnya dengan mas @meidika sebagai "man behind the scene" forum ini ..sekali lagi, selamat .. 

Salam dari keheningan kampung
yang sudah mulai didominasi nyanyian jangkrik,..he2

Foto: http://www.jabarprov.go.id/index.php/news/13521/2015/08/10/Diseminasi-Belum-Optimal-Minat-Investasi-Masih-Kurang

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

2 Responses to " Ngobrol bareng Kepala Bursa Efek Indonesia Perwakilan Bandung: Blog sebagai Media Edukasi Pasar Modal "

  1. Dakwah ekonomi syariah perlu sinergi para akademisi, praktisi, ulama & segenap elemen masyarakat. Saham syariah sebagai bagian dari instrumen pembangunan yg diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemaslahatan / multiplier effect yg berkelanjutan

    BalasHapus
  2. Terima kasih bermanfaat sekali artikelnya dan semoga selalu terdepan artikelnya.

    BalasHapus