1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

Transkrip Video 4 Bagian 3: Tujuan Pengembangan Sistem Online Trading Syariah

Apa sih tujuannya kita mengembangkan sistem online trading syariah ini? Ada beberapa. Yang pertama adalah memudahkan investor dalam melakukan transaksi perdagangan saham secara syariah di Bursa Efek Indonesia. Yang kedua, memudahkan investor dalam memilih dan mempelajari saham-saham syariah yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Yang berikutnya menerapkan pelaksanaan fatwa DSN MUI Nomor 80 ke dalam aplikasi nyata transaksi perdagangan saham syariah di Indonesia. Selain itu, mempercepat pengembangan investasi syariah di pasar modal Indonesia.

Nah Siswa IndonesiaX, kita telah mempelajari banyak tentang investasi syariah di pasar modal Indonesia mulai dari apa itu pasar modal syariah, apa saja produknya, dan bagaimana agar suatu investasi bisa dikategorikan sebagai investasi syariah di pasar modal Indonesia. Semoga materi yang telah kita pelajari akan bermanfaat untuk Anda semua. Karena keyakinan saya industri pasar modal syariah akan terus berkembang di masa yang akan datang. Misalnya akan semakin banyak perusahaan-perusahaan yang ingin agar sahamnya masuk dalam kategori syariah.

Mengapa demikian? Karena ketika suatu saham masuk dalam kriteria syariah, akan semakin memperluas database investor yang bisa membeli saham-saham mereka. Kalau suatu saham itu merupakan saham konvensional biasa, maka investor-investor yang mengutamakan kesyariahan investasi mereka tidak akan bisa membeli saham-saham konvensional tersebut. Sebut saja investor-investor dari Timur Tengah.


Karena itu diperlukan semakin banyak produk-produk, saham-saham yang masuk dalam kriteria syariah. Ini bisa menjelaskan fenomena menarik dimana Inggris yang bukan negara muslim atau mungkin sedikit sekali penduduknya yang beragama muslim justru lebih dahulu mengembangkan investasi syariah di pasar modal.

Akhirnya investor-investor dari Timur Tengah masuk berinvestasi ke pasar modal di Inggris. Demikian juga investor-investor yang tidak mengutamakan kesyariahan investasi mereka tetap juga membeli produk-produk ini. Karena diyakini bahwa produk-produk syariah lebih pruden, kemudian lebih aman, atau bisa juga bisa dibilang lebih tahan terhadap berbagai goncangan ekonomi yang terjadi.

Bagaimana dengan di Indonesia? Indonesia yang penduduk muslimnya terbesar di dunia punya potensi yang sangat luar biasa untuk mengembangkan pasar modal syariahnya. Keuntungan Anda saat ini untuk mulai belajar tentang investasi syariah dan pasar modal syariah sejak awal. Dari seluruh materi yang telah dipelajari, selanjutnya akan kembali ke diri Anda masing-masing. Apakah pengetahuan yang Anda pelajari pada minggu ini akan dapat Anda manfaatkan semaksimal mungkin, entah menjadi investor di pasar modal atau ikut serta dalam perkembangan dan pertumbuhan pasar modal Indonesia. Terima kasih.

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " Transkrip Video 4 Bagian 3: Tujuan Pengembangan Sistem Online Trading Syariah "

Poskan Komentar