1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

Transkrip Video 3: Milestones Pengembangan Pasar Modal Syariah di Indonesia

Berikut ini kutipan transkrip video ketiga tentang sejarah pengembangan pasar modal syariah di Indonesia:


Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang milestone pengembangan syariah di Indonesia. Perjalanan pengembangan pasar modal syariah dimulai sejak tahun 1997 saat pertama kalinya PT Danareksa menerbitkan Reksadana Syariah. 


Dilanjutkan pada tanggal 3 Juli tahun 2000, Bursa Efek Jakarta yang saat ini menjadi Bursa Efek Indonesia, menerbitkan sebuah indeks baru yang disebut dengan Jakarta Islamic Index atau JII. Jakarta Islamic Index terdiri dari 30 saham syariah yang sudah diseleksi berdasarkan dengan kapitalisasi pasar dan likuiditas dari saham-saham tersebut.

Pada tahun 2007, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia menerbitkan Daftar Efek Syariah atau DES yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam berinvestasi secara syariah di pasar modal Indonesia. 


Tahun 2011 merupakan tahun paling penting dalam tonggak sejarah pengembangan pasar modal syariah Indonesia. Pada tahun tersebut Bursa Efek Indonesia secara resmi memperoleh Fatwa Nomor 80 yang diterbitkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Fatwa ini mematahkan seluruh keraguan masyarakat bahwa investasi di pasar modal sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Pada tahun itu pula, Bursa Efek Indonesia menerbitkan Index Saham Syariah Indonesia atau disebut dengan ISSI. Mengapa Bursa Efek Indonesia melahirkan ISSI ini? Karena sebelumnya, tadi saya sampaikan pada tahun 2000 Bursa Efek Indonesia menerbitkan Jakarta Islamic Index yang berisi 30 saham syariah pilihan. 

Namun demikian masyarakat sering salah mengartikan bahwa saham syariah di Indonesia hanya berisi 30 saham tersebut. Oleh karena itu kita perlu menerbitkan suatu saham composite yang berisi seluruh saham syariah yang ada di Bursa Efek Indonesia. Seperti saat ini ISSI terdiri dari lebih dari 300 saham syariah di Indonesia. 

Harapannya, memudahkan masyarakat Indonesia ketika mereka ingin mencari atau memilih saham-saham syariah, mereka tinggal melihat konstituen dari ISSI tersebut yang terdiri dari lebih dari 300 saham syariah yang bisa menjadi pilihan masyarakat.

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " Transkrip Video 3: Milestones Pengembangan Pasar Modal Syariah di Indonesia "

Poskan Komentar