1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

Selalu Ada Peluang di Balik Resesi

Akhir-akhir ini, isu resesi mulai banyak tersiar. Mulai dari Yunani yang gagal bayar, utang Indonesia yang terancam tidak terbayar sampai perlambatan ekonomi global. Saat isu tentang resesi mulai mengemuka, para pelaku pasar modal biasanya dilanda kegalauan. Terkadang kegalauan itu diaktualisasikan dengan aksi panic selling untuk mengamankan modal. Tak jarang cut loss dalam jumlah yang tak sedikit pun tak terelakkan lagi bagi seorang trader. 

Sementara itu, untuk investor jangka panjang, biasanya resesi adalah momen 'berkah' tersendiri yang memungkinkan mereka mengamalkan prinsip buy wonderful company at undervalued price. Pada momentum resesi inilah, saham super seperti UNVR (PT Unilever Tbk) diperoleh dalam harga super diskon.

Resesi terdekat yang pernah melanda negeri ini adalah tahun 2008. Isu subprime mortgage saat itu menjadi pemicu menjalarnya resesi di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang sempat menorehkan rekor di awal tahun 2008 dengan menembus level 2.800-an, anjlok pada akhir bulan Oktober di level 1.000-an.

Satu fenomena menarik saat itu adalah ketika para investor dan trader domestik melakukan aksi panic selling, justru para investor asing membukukan net buy di akhir tahun itu. Tabel berikut yang dikutip dari laporan statistik tahun 2008 yang dirilis oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) menggambarkan posisi jual beli asing saat itu per bulan dan per kuartal:


Ketika resesi tahun 2008 berimbas pada IHSG yang menyentuh level terendahnya tahun itu, volume beli bersih asing malah meningkat. Bahkan di kuartal keempat, saat IHSG berada di level 1.000-an, nilai beli bersih investor asing menorehkan persentase terbesar dalam kurun waktu setahun tersebut.

Hal ini mengindikasikan bahwa ketika terjadi resesi, tersimpan peluang bagi para investor untuk merestrukturisasi portofolionya dengan memilih saham-saham berfundamental bagus dengan manajemen kredibel dan prospek industri yang cerah.

Semoga kita bisa mencermati peluang di balik apa yang terjadi.

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " Selalu Ada Peluang di Balik Resesi "

Poskan Komentar