1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

35 Saham Paling "Dermawan" dalam Pembagian Dividen Tahun 2015

Berawal dari obrolan ringan di grup telegram bersama kang Agus Sukayat, penulis terinspirasi untuk menggali lebih dalam tentang rasio dividend payout dan dividend yield. Kedua rasio ini sering dijadikan oleh para investor untuk menilai profitabilitas suatu perusahaan dalam menjalankan roda bisnisnya. Kedua rasio ini juga mengindikasikan seberapa "dermawan" suatu perusahaan dalam memenuhi ekspektasi para investornya.

Perlu diketahui, dividend payout ratio (DPR) merupakan hasil pembagian dividen per lembar saham dengan laba bersih per saham. Sementara dividend yield (DY) adalah hasil pembagian dividen per lembar saham dengan harga pada tanggal pencatatan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen (cum date).

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan merekap semua emiten yang telah membagikan dividen untuk periode tahun 2014. Kurang lebih 200-an emiten telah merilis besaran dividen dari laba bersih tahun 2014. Dari hasil rekapitulasi ini diperoleh data tentang rata-rata DPR dan DY untuk 212 saham yang telah membagikan dividennya.

Hasil rekapitulasi menunjukkan bahwa rata-rata dividend payout ratio (DPR) sebesar 31,68% dan dividend yield (DY)  sebesar 2,85. Langkah selanjutnya adalah menyaring saham-saham mana yang rasionya di atas rata-rata. Hasilnya adalah 35 saham sebagaimana tercantum dalam tabel berikut ini:


Keterangan:
Untuk sel dengan highlight berwarna kuning emas menunjukkan saham yang likuid dan aktif diperdagangkan dengan jumlah besar. Sementara sel dengan tulisan berwarna merah menunjukkan saham yang tidak masuk kategori syariah

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " 35 Saham Paling "Dermawan" dalam Pembagian Dividen Tahun 2015 "

Poskan Komentar