1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

20 Saham Syariah Pencetak Gain Terbesar Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan telah berganti bulan Syawal ditandai dengan hari raya Idul Fitri 1436 H. Selama bulan ini, beberapa saham syariah masih membukukan gain yang cukup tinggi, meskipun pasar secara umum mengalami penurunan volume transaksi.

Pada tulisan kali ini, SyariahSaham.Com mencoba menyajikan 20 saham syariah yang berhasil mencetak gain terbesar selama bulan Ramadhan. Periode perhitungan diawali pada tanggal 18 Juni dan diakhiri pada tanggal 15 Juli. Hasil rekapnya terekam dalam tabel di bawah ini:

Dari tabel di atas, delapan saham di antaranya berasal dari sektor properti dan konstruksi, masing-masing: EMDE, KIJA dan BEST dari industri properti dan ADHI, WIKA, WSKT, PTPP dan NRCA dari industri konstruksi. 

Yang menarik adalah pergerakan saham-saham konstruksi, terutama kuartet emiten BUMN (ADHI, PTPP, WIKA dan WSKT) yang menorehkan performa yang menawan. Besar kemungkinan hal ini terkait dengan mulai berjalannya program infrastruktur yang dicanangkan pemerintah.

Tabel di atas juga mematahkan mitos selama ini bahwa bulan Ramadhan biasanya menjadi berkah tersendiri bagi saham-saham konsumsi dan ritel. Namun, pada tahun ini agaknya tuah Ramadhan kurang bersahabat dengan saham-saham sektor tersebut kecuali AISA yang membukukan kenaikan harga hampir 20%.

Sementara itu, beberapa saham unggulan di sektor konsumsi dan ritel malah mencatatkan penurunan harga selama bulan Ramadhan tahun ini. Dari sektor ritel misalnya, MAPI (-13.59%), MPPA (-11.11%), RALS (-2.86%), dan HERO (-12.82%). 

Dua raksasa produsen barang konsumsi, UNVR membukukan penurunan harga sebesar  -3.07%, dan KLBF stagnan (0.00%), dari pasar ponsel dan pulsa: TELE(-1.54%), ERAA(0.00%). Hanya LPPF yang membukukan kinerja positif yang sangat tipis (+0.29%). 

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " 20 Saham Syariah Pencetak Gain Terbesar Selama Bulan Ramadhan "

Poskan Komentar