1

1

[Order] Rekap Laporan Sembilan Bulan (RANSEL) 2016

BI Rate: Informasi dan Implikasi

Definisi. BI Rate adalah suku bunga kebijakan yang mencerminkan sikap atau stance kebijakan moneter yang ditetapkan oleh bank Indonesia dan diumumkan kepada publik.

Fungsi. BI Rate diumumkan oleh Dewan Gubernur Bank Indonesia setiap Rapat Dewan Gubernur bulanan dan diimplementasikan pada operasi moneter yang dilakukan Bank  Indonesia melalui pengelolaan likuiditas (liquidity management) di pasar uang untuk mencapai sasaran operasional kebijakan moneter.

Tujuan BI Rate. Sasaran operasional kebijakan moneter dicerminkan pada perkembangan suku bunga Pasar Uang Antar Bank Overnight (PUAB O/N). Pergerakan di suku bunga PUAB ini diharapkan akan diikuti oleh perkembangan di suku bunga deposito, dan pada gilirannya suku bunga kredit perbankan.

Kebijakan BI Rate. Dengan mempertimbangkan pula faktor-faktor lain dalam perekonomian, Bank Indonesia pada umumnya akan menaikkan BI Rate apabila inflasi ke depan  diperkirakan melampaui sasaran yang telah ditetapkan, sebaliknya Bank Indonesia akan menurunkan BI Rate apabila inflasi ke depan diperkirakan berada di bawah sasaran yang telah ditetapkan.

Jadwal Penetapan dan Penentuan. Penetapan respons (stance) kebijakan moneter dilakukan setiap bulan melalui mekanisme RDG Bulanan dengan cakupan materi bulanan. Respon kebijakan moneter (BI Rate) ditetapkan berlaku sampai dengan RDG berikutnya. 

Besar Perubahan BI Rate. Respon kebijakan moneter dinyatakan dalam perubahan BI Rate (secara konsisten dan bertahap dalam kelipatan 25 basis poin (bps). Dalam kondisi untuk menunjukkan intensi Bank Indonesia yang lebih besar terhadap pencapaian sasaran inflasi, maka perubahan BI Rate dapat dilakukan lebih dari 25 bps dalam kelipatan 25 bps.

Rentang BI Rate dalam 10 Tahun Terakhir. Kisaran BI Rate dalam satu dekade terakhir berada di antara 5.75-12.75 %. BI Rate tertinggi berada di level 12.75% yang diberlakukan  antara Desember 2005- April 2006. Sementara itu, BI Rate terendah dalam sepuluh tahun terakhir berada di level 5.75% yang menjadi acuan mulai Februari 2012 sampai dengan Mei 2013.

Pengaruh BI Rate terhadap harga saham.  Beberapa riset menunjukkan bahwa bersamaan dengan kurs rupiah dan inflasi, BI rate berpengaruh secara simultan terhadap harga saham pada masing-masing sektor.

Sektor paling rentan dengan BI Rate. Menurut salah satu penelitian tahun 2014, BI rate hanya berpengaruh secara parsial terhadap harga saham di beberapa sektor BEI, antara lain sektor properti dan real estate, aneka industri, manufaktur, perdagangan, jasa dan investasi, pertambangan, dan sektor keuangan. 

Sumber:
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/532
gambar: http://waspada.co.id/warta/bi-pertahankan-bi-rate-75/

Special thanks to om RH Liembono, CEO bei5000.com yang telah berkenan membuat infografis yang atraktif berikut ini:



Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " BI Rate: Informasi dan Implikasi "

Poskan Komentar